Kamis, 26 Desember 2013

CAULOBAKTER CRENCENTUS (BAKTERI PENGHASIL LEM SUPERKUAT)



Deskripsi dan signifikasi.
Caulobacter crescentus adalah , bakteri kecil bersel tunggal yang membelah secara asimetris dan memproduksi sel-sel yang berbeda dalam struktur dan fungsi .  itu adalah sistem model yang ideal untuk mekanisme pembelahan sel asimetris dan  telah diteliti  secara keseluruhan. ( Nierman et al . 2001) .
 Struktur sel dan Metabolisme.
Caulobacter adalah Gram - negatif , sel-sel batang - seperti itu terdapat flagellated secara polar atau  mempunyai tangkai . Caulobacter tidak mempunyai  organel intraseluler . Mereka adalah aerob hereotrophic dan dapat ditemukan dalam lingkungan perairan yang melekat pada partikel, bahan tanaman , atau  mikroorganisme lain dengan tangkainya . Caulobacter membagi secara asimetris untuk memproduksi dua jenis sel anak yang secara fungsional dan strukturalnya berbeda .  Diameter ukuran silinder tubuh sel batangnya  adalah sekitar 0,7 mikrometer  dan panjangnya 2-3 mikromete. Sel swarmer lebih kecil dari sel batang awalnya , hidrodinamika berbeda karena morfologi yang berbeda antara swarmer dan tangkai sel memungkinkan swarmers terisolasi relatif mudah ( Stanford ) .
Ekologi
Caulobacter umumnya hidup dalam lingkungan air encer dimana terdapat  nutrisi pembatas nutrisi itu  yang paling umum adalah fosfor , dan juga merupakan elemen yang  penting untuk pertumbuhan yang sehat . Kurangnya nutrisi ini mendorong Caulobacter untuk secara dramatis memanjangkan  tangkainya hingga 30 kali lebih lama dibandingkan dengan medianya yang kaya fosfat ( Brun et al . 2000).
Kelebihan caulobakter yang dapat menghasilkan lem superkuat.
C. crescentus telah mengevolusikan kemampuan hidup dalam kondisi yang sangat miskin nutrisi, yang  menjelaskan keberadaannya dalam air bersih. Karena ia ada dalam air bersih dalam konsentrasi rendah dan tidak menghasilkan racun bagi manusia,  C. crescentus tidak berbahaya bagi kesehatan manusia
Selain itu bakteri air kecil Caulobacter crescentus mengeluarkan zat manis begitu lengket yang sedikit dan  zat itu   bisa menahan  tarikan dari pengangkatan  beberapa mobil sekaligus. Dengan kekuatan perekat hampir lima ton per inci persegi , ini adalah salah satu “lem” alam terkuat di dunia.Mengikat secara efisien pada permukaan sangat penting untuk bakteri , apakah mereka memperbaiki diri ke permukaan atau membentuk komunitas mikroba kompleks - yang membentuk residu berlendir pada gigi dan bathtub kami , dan memainkan peran dalam infeksi yang sulit diobati . untuk mengetahui bagaimana proses pelekatannya , para peneliti dari Indiana University dan Brown University menggunakan resolusi tinggi mikroskop video untuk menyaksikan  peristiwa itu dalam real time .
.           Pertama , Caulobacter crescentus menempel ke permukaan pada akhir sel tubuh , yang memiliki flagela baling-baling . Lalu pada kontak, flagela berhenti bergerak dengan bantuan dari struktur seperti  kabel di dekatnya yang  disebut pili. Penangkapan ini merangsang produksi perekat manis , yang kemudian dikeluarkan  pada daerah  kulit  dan segera mengikat sel ke permukaan. .
            Para ilmuan menemukan kalau mereka harus memakai gaya sekitar 1 mikronewton untuk memisahkan satu bakteri Caulobacter crescentus dari pipet kaca. Karena C. crescentus sangat kecil, gaya tarik sekuat 1 mikronewton menghasilkan perekat besar, besarnya 70 newton per milimeter persegi. Perekat  yang dapat ditahan oleh adhesi bakteri setara dengan 0.775 ton per cm persegi. Bandingkan dengan lem super komersial yang gaya gesernya hanya 18 hingga 28 newton per milimeter persegi!.
DAFTAR PUSTAKA
Brun, Y.V., and Janakiraman, R. (2000) “The dimorphic life cycle of Caulobacter and stalked bacteria”. In Prokaryotic Development. Brun, Y.V., and Shimkets, L. J. (eds). Washington, DC: American Society for Microbiology, p. 297-317
Nierman, W.C.Complete genome sequence of Caulobacter crescentus”. (2001)PNAS: Volume 98(No.7). p. 4136-4141.
Emili Carlson  . http://www.livescience.com/18381-bacterial-glue-stickiest-substance-nsf-ria.html di akses tanggal 26 desember 2013 pukul 19:50 WIB.

34 komentar:

  1. artikelnya bagus ,, resty kurang tau tentang bakteri ini tapi resty sekrang tau kalo Caulobacter crescentus mengeluarkan zat manis begitu lengket yang sedikit dan zat itu bisa menahan tarikan dari pengangkatan beberapa mobil sekaligus. Dengan kekuatan perekat hampir lima ton per inci persegi , ini adalah salah satu “lem” alam terkuat di dunia. good pisan lah hhee

    BalasHapus
  2. waw...., subhanallah ya, ternyata ada bakteri yang dapat menghasilkan lem. saya mendapat tambahan informasi dari http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Caulobacter_crescentus, Caulobacters adalah organisme yang paling umum diadaptasi semata-mata untuk bertahan hidup dalam lingkungan perairan dan kelautan miskin gizi. Penyelesaian urutan genom sekarang meletakkan dasar untuk memahami, pada tingkat molekuler, bagaimana diferensiasi wajib ini bakteri dan pembagian asimetris memungkinkan untuk berkembang di habitat encer tersebut. Selain itu, alat yang dikembangkan untuk manipulasi genetik C. crescentus menjadikannya sebuah organisme yang menarik untuk dikembangkan sebagai agen bioremediasi

    BalasHapus
  3. artikelnya bagus rur, ternyata bakteri Caulobacter crescentus termasuk lem terkuat di dunia ya.. Secara hipotesis, lem produksi C. crescentus dapat diproduksi massal dan dipakai untuk melapisi permukaan untuk tujuan medis dan teknik. Hal ini karena lem ini bekerja pada permukaan basah. Masalahnya adalah bagaimana memproduksi lem ini tanpa membuat lemnya lengket pada mesin pembuatnya. Bayangkan, untuk melepaskan lem ini dari daerah seluas buku tulis biasa, perlu tarikan lima buah mobil. tambahan ini didapat dari alamat ini http://www.faktailmiah.com/2010/09/28/caulobacter-penghasil-lem-terkuat-di-dunia.html

    BalasHapus
  4. Menarik banget rur artikelnya dan lebih tercengang lagi ketika membaca kalimat-kalimat terkahir yang bertuliskan "Bandingkan dengan lem super komersial yang gaya gesernya hanya 18 hingga 28 newton per milimeter persegi!." Apa bakteri ini bisa menghasilkan lem yang sangat sangat sangat super kuat melebihi lem power glue yang amat-amat menjadi perekat yang baunya minta ampun? kualitasnya sama atau berbeda? Bagaimana dengan kualitas lem aibon? Ohiya apa bakteri ini menghasilkan lem yang baunya juga tidak kalah minta ampun seperti pada lem aibon dan power glue? Awesome rur artikelnyaaaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok saya jadi kaya tukang penjual lem ya? haha kalau masalah kwalitas jelas lem ini paling kuat di banding lem lain , kalau mau tau kwlitas lem masing-masing mungkin bisa di tanya langsung sama tukang lem . kalau masalah bau lem bakteri ini sejauh ini saya belum menemukan refrensi yang bermutu dan pas . thanks for question nya :)

      Hapus
  5. menarik seklai rur artikelmu hebat yaa ada bakteri yang dapet julukan sebagai bahan pembuat lem terkuat di dunia wew subhanallah :). jadi lem lem kuat yang ada dipasaran itu sebenarnya berasal dari bakteri ini jugaa yg dapat menghasilkan lem terkuat di dunia? kerenn.. oh iya apakah dari jenis lem yang dihasilkan ini bisa merusak kulit manusia jika terkena kulit? karena kan ada jenis lem yang bisa merusak jaringan kulit manusia. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kurang tahu apakah setiap lem superkuat di dunia menggunakan bakteri ini ,kalau nama bakteri tertulis di produk lemnya mungkin bisa jadi , lalu apakah berbahaya jika terkena kult manusia?? pasti sangat berbahaya , thanks for asking :)

      Hapus
  6. si kecil yg punya power besar ya.. hebat! menarik sekali artikelnya.. tapi saya bingung zat manis itu apa? tau manis dari mana? ada yg pernah mencicipi? kalo ada yakin lidahnya masih lengket karena menurut forum yang pernah dibaca bakteri ini bisa buat nempel kramik rumah loh... hahaha

    BalasHapus
  7. artikelnya menarik, hebat banget bakterinya bahkan sampai ada produk yang diberi nama Biology Bonding alias Bio Bon yang dapat digunakan untuk merekatkan bangunan yang terbuat dari konstruksi beton. Produk ini lebih kuat dari super lem yang sudah ada, waterproof, dan dapat digunakan untuk struktur bangunan di daerah perairan.

    sumber : http://1ndotech.blogspot.com/2012/02/jakarta-pernahkah-kamu-mendengar-lem.html

    BalasHapus
  8. adhesi yang terjadi pada kedua permukaan abiotik dan biotik oleh gram-negatif prothescate bakteri Caulobacter crescentus dimediasi oleh organel kutub yang disebut "holdfast," yang memungkinkan bakteri untuk membentuk biofilm monolayer stabil. "holdfast" , merupakan polisakarida kompleks yang terdiri sebagian dari N-asetilglukosamin, melokalisasi ke ujung tangkai (perpanjangan silinder tipis dinding sel dan membran). Caulobacter crescentus banyak di temukan di laut atau air tawar.
    sumber : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC142846/

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum.. fahrur arikelnya bagus dan menarik.. Setuju sekali dengan artikel ini. saya baru tau kalau ada bakteri yang bisa dijadikan lem.. kira-kira apakah bakteri ini bisa bisa di produksi dalam skala besar sehingga nantiny harga lem di pasaran akan lebih murah. hehe

    BalasHapus
  10. Assalam Fahrur, artikelnya memberi info deh. kalau tau si Caulobakter bisa membuat lem, pasti dulu pas matkul tekleb kelompok aku gunain tuh bakteri, soalnya kelompok aku praktikum membuat lem dg menggunakan susus. hehehehe

    BalasHapus
  11. Wah keren banget rur bakterinya, aq baru tau kalo bakteri kamu bisa termasuk bahan penghasil lem terkuat di dunia, nah aq baca di http://www.faktailmiah.com/2010/09/28/caulobacter-penghasil-lem-terkuat-di-dunia.html si Caulobacter crescentus terdapat pula di dalam air bersih dalam konsentrasi rendah dan tapi dia tidak menghasilkan racun bagi manusia, Caulobacter crescentus tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

    BalasHapus
  12. Lagi-lagi saya baru tau kalau ada bakteri di dalem Lem.. Keren banget nih bakteri. Kita harus bersyukur lagi nih dengan si kecil yang bermanfaat ini. Tambahan dari temen-temen juga saya setuju. terimakasih semua untuk infonya :)

    BalasHapus
  13. Ada juga ya ternyata bakteri yg membuat lem super kaya gitu, sekedar pengen tau aja sih terkadang kan ketika membuka lem, tercium bau yang cukup menusuk, apa itu termasuk bagian dari hasil produk bakteri itu pas proses pembuatan lemnya ? Hanya sekedar ingin tahu sih, selebihnya terimakasih buat informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya sih bakteri Caulobakter crencetus di pisahkan dari produk pembuat lem saat ini , dan bau dari lem hasil pemanfaatan bakteri inii saya juga masih belum menemukan refrensi yang pas. thanks for asking :)

      Hapus
  14. Kecil-kecil tapi susah dilepasin ya kalo uah melekat. Subhanallah banget ini bakteri. Terima kasih uda udah ngeshare info baru. Oh iyah katanya daya rekat adhesifnya si bakteri ini dapat menahan tekanan tinggi sebanding dengan gaya berat hingga tiga buah mobil. Kekuatannya sekitar tiga kali lipat lem sintetis terkuat yang ada saat ini.
    Referensi : http://m.m.m.manza.blog.myquran.org/forum/index.php?topic=522.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iyah di referensi itu juga ada gambar mengenai bakteri Caulobacter

      Hapus
  15. menanggapi komentar euis, menurut sumber yg sya baca, untuk melepaskan lem ini dari daerah seluas buku tulis biasa, perlu tarikan lima buah mobil.. Just imagine that!!!
    Subhanallaahh..
    http://www.faktailmiah.com/2010/09/28/caulobacter-penghasil-lem-terkuat-di-dunia.html

    BalasHapus
  16. waw keren sekali bakteri ini saya kira lem super kuat hanya power glue saja ternyata ada pula lem yang lebih kuat drpd power glue yaah dengan kekuatan 5 ton per inci persegi.. subhanallah sekali yaah :)

    BalasHapus
  17. Subhanallah, ternyata secanggih-canggihnya lem buatan manusia, gak bisa mengalahkan lem yang dibuat oleh bakteri ini. Banyak yg mengatakan bahwa lem yang dibuat Caulobacters ini adalah lem terkuat di muka bumi. Kira-kira lem ini digunakan dalam bidang apa ya? Kalo dijual bebas di pasaran, sepertinya serem juga menggunakan lem ini di kehidupan sehari-hari. Kalau kena tangan, pasti susah ngelepasinnya :O

    Sedikit tambahan, Caulobacters adalah organisme yang paling umum yang dapat bertahan hidup dalam lingkungan perairan atau lautan yang miskin nutrisi. Saat ini juga sedang dikembangkan alat untuk memanipulasi genetik Caulobacters untuk menjadikannya sebagai agen bioremediasi. Bakteri yg sangat bermanfaat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Referensi:
      http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Caulobacter_crescentus

      Hapus
  18. Assalamu'alaikum rur, artikelnya sangat menarik dan menambah wawasan.
    Saya baru tahu ada bakteri yang dapat digunakan sebagai penghasil lem yang kuat.
    Mau menambahkan, dari referensi yang saya baca http://graphe-ministry.org/articles/2012/02/bakteria-menghasilkan-lem-paling-kuat/ yang menyatakan bahwa "Suatu bakteria, yang disebut Caulobacter crescentus, menghasilkan salah satu zat adhesif (lem) yang paling kuat di dunia, dan menggunakan lem tersebut untuk menempelkan dirinya sendiri di lingkungan yang basah. Hal ini telah ditemukan baru-baru ini oleh riset menggunakan video mikroskop. Bakteria itu sendiri memiliki dua tahap kehidupan, yang pertama adalah saat ia berenang di lingkungannya dengan didorong oleh flagellum, dan tahapan yang berikut adalah saat ia menanamkan dirinya sendiri ke permukaan yang basah. Pada tahap ini, mekanisme pembuatan semen (lem) dan penguncian diri yang kompleks, menggantikan flagellum yang juga sangat kompleks. Riset ini dapat membantu para ilmuwan dalam pengembangan segala sesuatu, mulai dari pencuci WC sampai krim antibakteri (“Video Microscopy Unveils the Tricks of Nature’s Toughest Glue,” Popular Science, 10 Feb. 2012)."
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum..
    ternyata bakteri ini menghasilkan lem yang sangat "super" lengket ya? Subhanallah :)
    bagus artikelnya menambah pengetahuan bagi para pembacanya :)
    Thanks (y)

    BalasHapus
  20. Baca artikel ini menarik sekali. Power glue aja kalah kali yah.. Nah semoga lem super yang dihasilkan Caulobacter ini bisa dimanfaatkan yah. Misalnya dalam pembangunan rumah, jadi untuk nempelin bata bata nya gausah pake semen atau dalam hal lainnya. Oya tapi tenyata adaloh yang sedang berusaha memanfaatkannya , lem yang mereka ciptakan dari bakteri ini namanya BioBon . Mereka mahasiswa dan mahasiswi ITS . mereka berencana memanfaatkan biobon ini untuk melekatkan kulit manusia untuk operasi. tapi ini masih dalam penelitian dan banyak hambatan. Semoga gagasan inspiratif mereka bisa terwujud yah sehingga bisa bermanfaat dalam bidang kedokteran. Sumber :http://www.dnaberita.com/berita-56140-hendro-dan-farida-penggagas-lem-bakteri-terbang-ke-malaysia.html

    BalasHapus
  21. untuk tambahan pengetahuan kita bahwa Caulobacter adalah organisme kemoheteroorganotrof yang dapat mengonsumsi karbohidrat dan asam amino. Semua jenis obligat aerob dan cenderung mesofilik, tetapi beberapa jenis dapat tumbuh pada suhu 5oC Genom C. Crescentus berisi 105 gen untuk sistem respons 2 komponen. Caulobacter memiliki 2 bentuk sel dalam siklus hidupnya, yaitu sel stasioner (nonmotil) dan sel swarmer (motil dengan flagela tunggal).

    BalasHapus
  22. ini artikel yang saya baca yah : https://environmentalsanitation.wordpress.com/category/parasitologi-lingkungan/page/2/

    BalasHapus
  23. Terimakasih Fakhrur dan teman-teman yang telah berkomentar karena dapat menambah wawasan saya mengenai C. crencentus. hebat sekali bakteri ini menjadi lem super kuat dibandingkan lem yang dibuat oleh manusia dengan bahan-bahan kimia. ingin bertanya apakah bakteri ini digunakan dalam industri? apa contohnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu bakteri ini di gunakan dalam industri khusus nya industri bagunan dan tekstil contohnya adalah pada saat penempelan keramik , thanks for asking bro!

      Hapus
  24. mba alfie saya jadi ngebayangin bagaimana supernya lem itu kok bisa" nya mape bantuan lima mobil yah. tapi yang saya pertanyakan mobilnya ini mobil apa yah ? klo mobil" an gmna hehehehee untuk pak fakhrur makasih banget infonya jujur saja saya baru tau ada lem super kuat yang di hasilkan oleh bakteri ckckckc

    BalasHapus
  25. SunhanAllah sekali ya bakteri ini, setuju dengan jul anda saudara fakhrur emamg super duper kuat lem yang di hasilkan bakteri C. crescentus. stelah saya baca-baca terdapat pernyataan begini "Caulobacter crescentus mengeluarkan semacam zat yang sangat lengket berbahan dasar gula. Saking lengketnya, lem produksi bakteri tersebut mampu menahan tarikan beberapa mobil sekaligus. “Dengan kekuatan merekatkan hampir 5 ton per inci persegi, ini adalah `lem' terkuat di penjuru bumi,“ kata salah seorang peneliti dari Indiana University, Amerika Serikat. (http://mirza-shahreza.blogspot.com/2012/02/bakteri-pembuat-lem-terlengket-di-bumi.html)

    BalasHapus
  26. Nah.. satu lagi bakteri yg "super" super ini.. yakni bakteri penghasil lem super kuat. Setelah saya membaca artikel ini, ternyata ada juga bakteri yang berperan dalam pembuatan lem. uniknya bakteri Caulobacter crescentus menghasilkan zat manis yg begitu lengket sebagai bahan pembuatan lem super kuat tersebut.

    BalasHapus
  27. ih wow! meskipun manis seperti aku, tapi inget ya yogie lem itu bukan untuk dimakan, apa lagi ngelem di rel. :D

    BalasHapus
  28. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
    Harga
    Terjangkau
    Spesial
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem

    BalasHapus